Membuat Aplikasi Java: Aplikasi Penghitung Pangkat
Untuk menghitung perpangkatan digunakan kata kunci pow dari kelas Math yang rumusnya adalah Math.pow(angka1,angka2) yang akan menghasilkan angka dari angka1 pangkat angka2, sekarang mari kita praktekan rumus diatas, pertama buka Netbeans Anda dan buat project baru
Kemudian buat form dan berikan tiga textField, satu Label dan satu Button seperti gambar dibawah ini
Jika sudah klik kanan pada jButton1 kemudian pilih Events-->Action-->action performed seperti yang ditunjukan pada gambar
Kemudian salin skrip dibawah ini
Double Angka1= Double.valueOf(jTextField1.getText());
Double Angka2=Double.valueOf(jTextField2.getText());
Double hitungPangkat=Double.valueOf(Math.pow(Angka1, Angka2));
String hasil = String.valueOf(hitungPangkat);
jTextField3.setText(hasil);
Penjelasan Skrip: Pertama kita menciptakan variabel Angka1 dengan tipe Double yang isinya mengambil data dari textField1, kemudian kita menciptakan variabel Angka2 dengan tipe Double yang isinya mengambil data dari textField2, variabel hitungPangkat dengan tipe data Double melakukan perhitungan Angka1 pangkat Angka2, skrip untuk menghitungnya adalah Math.pow(Angka1, Angka2) kemudian String hasil mengisi datanya dengan isian dari variabel hitungPangkat yang sudah dikonver menjadi String, kemudian jTextField3 mengambil data dari variabel hasil dan menampilkannya.
Program siap digunakan sebagai aplikasi penghitung pangkat
Belajar Pemograman Java: Membuat kelas, object dan variabel
Sebuah kelas adalah kumpulan dari object yang memiliki variabel dan sifat yang sama, sedangkan object adalah penurunan dari kelasnya, dan variabel adalah yang menyimpan sebuah data dan setiap variabel mempunyai jenisnya dan jenis hak aksesnya, untuk lebih jelasnya perhatikan pelajaran dibawah ini:
Membuat kelas
public class Kendaraan{
}
Pada kode diatas kita menciptakan sebuah kelas bernama Kendaraan dengan tipe hak akses publis sehingga variabel yang ada didalamnya bisa dipakai oleh semua kelas yang menuruni sifatnya.
Membuat variabel
public class Kendaraan{
public String nama;
public Integer harga;
public Kendaraan(String a, Integer b){
this.nama=a;
this.harga=b;
}
}
Pada kode diatas kita menciptakan variabel nama dan harga dengan tipe String untuk nama dan tipe Integer untuk harga, dan kedua variabel tersebut memiliki hak akses public sehingga variabel tersebut bisa dipakai dari kelas lain. Kelas kendaraan juga diberikan konstruktor sehingga akan memudahkan kita untuk mengedit dan mengambil isi dari variabel yang ada didalamnya
Membuat object
Untuk membuat object dilakukan oleh kelas main atau form, berikut kodenya
Kendaraan mobil = new Kendaraan("Sedan", 100000000);
Pada kode diatas kita menciptakan sebuah object bernama mobil dari kelas Kendaraan, kemudian dalam variabel object mobil kita isi Sedan untuk variabel namanya dan 1000000000 untuk variabel harganya, nama dan harga merupakan variabel yang ada didalam kelas Kendaraan Object mobil bisa memakainya karena mobil adalah object dari kelas Kendaraan sehingga bisa menuruni variabelnya.
Menampilkan isi variabel dari sebuah object
Kode dibawah ini akan memberikan sebuah output berisi nama dan harga dari object mobil
Kendaraan mobil = new Kendaraan("Sedan", 100000000);
System.out.println("Nama Kendaraan : " + mobil.nama);
System.out.println("Harga : " + mobil.harga);
Kode diatas akan menampilkan isi variabel nama dari object mobil dan variabel harga dari object mobil
Semoga artikel diatas bermanfaat bagi Anda. by.OGRATIS (Sasak Blog) "nak SMANSASEL
No comments:
Post a Comment